becak

becak adalah kendaraan roda tiga, dua didepan, satu dibelakang, yang disupiri dari belakang dengan cara di kayuh.

keberadaan becak di jakarta sudah dilarang semenjak tahun 2001. sehingga seharusnya sekarang ini di jakarta sudah tidak ada lagi becak berkeliaran.

tapi apa yang terlihat di persimpangan pasar senen sangat mengherankan. becak berkeliaran menghadang laju lalu lintas. dan sama sekali gak ada tindakan. mengacaukan lalu lintas bukan hanya karena melintas sembarangan, tapi juga berlawanan arah!.

becak yang beredar di sekitaran pasar senen bukan becak yang selama ini kita tau. becak tersebut adalah hasil modifikasi gerobak, yang ditambahi bangku pengemudi dibelakangnya.
sementara penumpang tidak disediakan bangku duduk. penumpang hanya bisa jongkong, ngejogrok, atau bersila di dalam gerobak modifikasi tersebut.

apapun bentuknya, tetep aja itu adalah varian dari becak. dan mereka mengacaukan lalu lintas. peraturan harus tetep dilaksanakan.

memang sih, semenjak becak dihapuskan dari jakarta, gak ada solusi untuk angkutan pemukiman yang agak murah. dan hal hal kaya’ gini akhirnya dimanfaatkan oleh orang orang yang kreatif. yang sayangnya bukan menciptakan angkutan baru, tapi hanya memanipulasi situasi.

ada satu kejadian dengan tukang becak di persimpangan pasar senen kemarin. sebuah metromini di lajur kiri berhenti untuk menurunkan penumpang. dari arah yang berlawanan melaju kencang becak tersebut. tanpa mikir, pengendara becak itu tetep melaju kencang disamping pintu metromini dan bersamaan itu pula, keluarlah seorang anak sekolah turun dari metromini. dengan sedikit refleks, anak sekolah tersebut berhasil menghindari tertabrak becak yang melaku kencang tersebut. walaupun begitu kakinya tetap terserempet.
si becak tetep aja melaju, bahkan si pengendara becak malah ngedumel. sementara si anak sekolah udah gak bisa ngapa-ngapain sambil terpincang pincang melihat becak terus melaju.
udah gak punya otak, gak mau disalahin, terus kalo di’gusur’ malah ngamuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s