odong-odong

10 January, 2008 § Leave a comment

odong-odong adalah alat transportasi di jakarta dan sekitarnya yang hanya melayani penumpang khusus, yaitu penumpang anak-anak.

trayek odong-odong khusus, yaitu hanya melayani trayek seputaran komplek atau seputaran lingkungan dimana anak-anak tersebut tinggal. tapi ada juga odong-odong ketika ‘narik’ malah statis, alias tidak bergerak.

odong-odong menggunakan tenaga si abangnya, alias tenaga kayuh, tapi ada juga odong-odong yang bermesin motor, atau bahkan menggunakan mesin mobil. bodynya biasanya hasil rakitan, terdiri dari bangku-bangku berjejer. masih bingung kaya’ gimana? silahkan liat foto dari bingkit di flickr.

odong-odong yang bermesin, biasanya berkeliling komplek dalam jangkauan yang agak jauh. mirip seperti kereta mobil yang ada di prj. tapi odong-odong yang statis, biasanya menggunakan tenaga kayuh untuk menggerakan kuda-kuda-annya sementara odong-odongnya diam ditempat.

dan ternyata odong-odong ini sudah menjadi bisnis tersendiri, dimana pembuat dan penarik (baca:pengemudi) nya bisa mendapatkan omzet yang lumayan

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading odong-odong at Jakarta's byte bite.

meta

%d bloggers like this: