terminal 3 bandara soekarno hatta

27 May, 2014 § Leave a comment

terminal 3 adalah terminal terbaru dari bandara soekarno hatta. walaupun lokasi bandara ini bukan di jakarta, tapi di tangerang, tapi banyak yang mengasumsikan bahwa bandara soetta ini ada di jakarta ;)

terminal 3, saat ini di’huni’ oleh 2 maskapai penerbangan, airasia dan lion air. 

kondisi yang baru (sekitar 2011-an), masih kinclong, jadi kondisinya masih enak dilihat dan dirasakan.

kalo orang yang cuma tahu terminal 1 dan 2, ketika mereka menunggu kerabat, sanak saudara, biasanya mereka numplek plek di pagar pembatas di pintu keluar penumpang.
di t3 ini, yang mau jemput bisa lho masuk sampai ke dalam gedung. karena exit dari penumpang ada lagi pintunya di dalam.
penunggu bisa nongkong di j.co, bakmi gm, circle k, starbucks, dan beberapa restoran lain. arena bermain anak yang lumayan juga ada. jadi ga perlu panas-panas nunggu di luar gedung.
ketika masuk, pakai pintu untuk pengunjung (yang di antara pintu penumpang keluar, dan penumpang masuk / check-in). nanti akan melewati x-ray scanner, dan barang bawaan harus dilewati mesin scan tersebut.

untuk penumpang yang akan check-in/berangkat, pintunya yang di bagian kanan. seperti biasa, sebelum masuk akan diperiksa kelengkapan tiket, sehabis itu periksa bagasi di x-ray, dan counter check-in maskapainya. setelah selesai, nanti akan menuju ke lokasi di mana pengunjung bisa masuk tadi. jadi kalo nganterin pun ya bisa kongkow kongkow di dalam ruangan, ga dadah-dadah di pagar pintu masuk :D

ketika mau boarding, naik ke lantai atas deimana trolly sudah tidak boleh dibawa. nanti di boarding room, bentuknya memanjang dan hanya terpisah antara penerbangan lokal dan penerbangan internasional.
kalau di terminal 1 (dan 2), boarding room nya terpisah pisah, jadi kemungkinan nyasar salah naik pesawat mungkin bisa diminimalisir :D, tapi di terminal 3, dengan boarding room luas, bareng-bareng, ditambah dengan kualitas public announcement speaker (toa) nya gak bagus, kemungkinan salah antri bisa aja. 

Image

 

boarding room dilengkapi dengan  toilet, musholla, tempat charge gawai dan vending machine. tempat yang paling ramai ya tempat charge gadget tersebut :D. nyaris ga ada colokan kosong. 
terlihat beberapa orang nyobain vending machine. mungkin lebih karena tertarik pengen cobanya dibanding pengen nyemil atau minumnya :D

sekali lagi, audio di boarding room sama sekali tidak mumpuni. jadi pastikan/cocokan dengan jam take off nya dan gate berapanya. kalau 30 menit belum masuk pesawat, mesti cari cari info di dekat pintu keluar.

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading terminal 3 bandara soekarno hatta at Jakarta's byte bite.

meta

%d bloggers like this: