pintu masuk stasiun senen

27 May, 2017 § 2 Comments

semenjak september 2016, jalanan di depan stasiun senen ditutup, sehingga untuk masuk ke stasiun kereta senen diubah.

sekarang untuk masuk ke stasiun senen melalui yang tadinya adalah pintu keluar mobil. lokasinya di seberang terminal bus senen

IMG_20170405_075036

pintu masuk setasiun senen

IMG_20170405_075100

terminal bus senen

jadi untuk mencapai pintu masuk stasiun senen ini dari arah tugu tani atau keramat, ketika di lampu merah mejelang setasiun harus berbelok ke kiri ke arah terminal bus senen, lalu di depan stasiun berbelok kanan masuk ke stasiun.

sementara yang dari arah kelapa gading masih seperti biasa, kalau biasanya mutar balik di atas terowongan, sekarang belok ke kanan ke arah terminal bus.

kalau naik bus transjakarta yang kecil (yang kopaja) kaya’nya masih bisa sampai ke pintu yang lama.

penghalang parkir

28 August, 2016 § Leave a comment

mendengar cerita kalau ada orang yang memasang pot pot besar di depan rumahnya, dengan tujuan supaya tidak ada mobil yang parkir di situ.

dari sisi etis ga etis, kalau di dalam kompleks atau lingkungan perumahan, tentu tidak etis memarkir mobil di depan rumah orang. apalagi kalau ternyata jalannya sempit yang muat mobil papasanan itu mepet.

tapi di beberapa lingkungan jalanan yang lebih umum pun, banyak penghalang parkir seperti pot bunga, cone, atau bahkan beton ber-rantai diletakkan di jalanan untuk menghalangi orang parkir.

beton berantai

beton berantai penghalang parkir

cone

cone

dari segi estetika pun, penghalang jalan ini bikin tidak sedap dipandang mata, dan menaruh penghalang-penghalang parkir ini justru mempersempit jalanan.

tapi ya itu, karena orang sini memang kebanyakan tidak ada sopan santunnya memarkir. apapun diparikirin, tidak peduli kalau dia bikin jalan jadi sempit dan macet, atau menghalangi kendaraan untuk keluar masuk.
atau ga ada otaknya, jika di depan pagar sebuah rumah dipasangi tulisan dilarang parkir di depan pagar, eh malah parkirnya di sisi seberangnya.

dan juga biasanya di tempat umum, sudah dipasang rambu dilarang parkir, tapi tetap saja markir di sana.

 

 

E-toll card

8 July, 2016 § 1 Comment

Selama ini cuma dengar orang-orang cerita betapa macam macamnya kelakuan pengemudi terkait gto (gerbang tol otomatis) sampai akhirnya gue menjadi saksi mata ketololan mereka. 

salah satunya adalah peduli setan ini gerbang tol apa ada kuning kuning perboden, bablas masuk aja,  toh lebih kosong dari lajur lain. 

gerbang tol otomatis

akhirnya,  antara mereka bingung trus pasang gigi reverse, atau turun trus minta tolong pengemudi di belakangnya.

ada satu cerita ajaib soal pembablas gto ini,  yaitu mencoba memasukkan uang kertas ke celah keluarnya struk.  

salah satu yg paling ekstrim yang pernah gue liat sendiri adalah,  dari jalur paling kanan patah 90° ke kiri melewati beberapa entrance gto ke lajur entrance pembayaran biasa.

dan ekstrim berikutnya adalah ketika masuk ke exit yang semua loketnya adalah gto,  mereka malah mutar balik melawan arah!  gila

note: postingan ini dalam rangka #julingeblog

jalanan tembel sulam ala loro jongrang

6 September, 2013 § Leave a comment

beberapa lalu ada berita mengenai Kadis PU yang diancam ahok, kalo kerjanya ga beres maka desember (2013) dia bakal dimutasi.

nah, beberapa hari belakangan ini gue merasa takjub akan banyaknya jalanan yang baru dapat tembelan aspal. wuih, jangan-jangan ini gara-gara ancaman ahok ke kadis PU itu.

hmm.. kalo kerja karena terancam, gue rasa hasil kerjaannya ya temporer, ga permanen, yang penting kelihatan hasil.

gue saranin sih supaya ahok ambil tindakan tegas, ga perlu ngancem-ngancem.
ya contohnya kaya’ gini. kaya’ kesetanan, banyak ruas jalan yang tadinya berbulan-bulan bolong ga jelas, sekarang dapat tembelan aspal. kerja sesaat. gak menyeluruh.
cuma ditembel, gak diperbaiki. liat aja nanti beberapa bulan lagi, pasti ancur deh tuh tembelan.

lagian, kalau ada bos yang nyalahin anak buahnya yang kerjanya ga beres, itu sih bos yang pinter menjebloskan anak buahnya. yang namanya kerjaan anak buah, ya tanggung jawab si bos dong. kenapa kerjaan anak buahnya jelek, atau bahkan sama sekali ga (di)kerja(in).

susahnya menyeberang jalan di jakarta

7 December, 2012 § Leave a comment

langsung terenyuh ngebaca tweetnya @me_gaa ini,

segitu susahnya nyeberang di jakarta, dimana tarohannya nyawa.

lalu, kaya’nya perlu kah ada zebra cross.

tapi itu gue ragukan, soalnya tidak ada bedanya dengan kalau tidak ada zebra cross.

menyeberang

zebra cross

zebra cross yang sudah dipasangi lampu lalu lintas aja tetap diterabas sama mobil motor. apalagi yang cuma zebra cross doang

sementara itu, ada orang yang baik yang mau nyeberangin orang lain

masalahnya orang baik itu paling 1 dari 1000. 999 lainnya gak punya empati, ga punya otak, gak punya kemanusiaan.

jadi mesti gimana?
saat ini ga ada yang bisa dilakukan dengan baik-baik, mungkin harus main kayu, misalnya nyeberang sambil bawa kayu/pemukul baseball. atau bawa batu bata, ada yang nekat nerabas ketika lagi nyeberang, hajar/timpuk aja tu orang.

petugas pembersih kali

25 November, 2011 § Leave a comment

Paling sial pas bawa motor ternyata ban bocor kena paku yang sengaja ditebar di jalan.
Tambah sial ketika lokasi bocornya jauh dari tukang tambal ban.

Kemarin, mengalami ban bocor di samping istana negara. Sial banget, mana ada tukang tambal ban dekat istana?
Ada yang menyarankan untuk kearah stasiun juanda. Astaga!  Gile aje jauhnya.

Akhirnya gambling ke arah Abdul Muis.
Pas dekat tikungan Abdul Muis, dikasih tahu bahwa ada tukang tambal ban di Terusan Majapahit.

di samping jalan Terusan Majapahit ternyata ada sebuah kali/sungai. saat itu ada dua orang petugas kebersihan lagi membersihkan kali itu dari sampah-sampah yang (ter)sangkut. mereka cuma berbekal sapu lidi yang bertangkai panjang.

petugas pembersih kali

pembersih kali

petugas pembersih kali ini berjalan menyusuri pinggir kali, menyapukan sapu lidi mereka ke aliran sungai sembari mencungkil sampah-sampah yang terbawa air.

btw, gue akhirnya beli ban dalam, karena yang bocor lumayan dalam, dan bekas tambalan pulak.
dan ban dalam bekas gue itu, dilempar gitu aja loh ke kali sama tukang tambal bannya.

akses ke stasiun gambir

13 November, 2011 § 7 Comments

stasiun gambir sebagai salah stasiun kereta utama di jakarta ini ternyata tidak mudah untuk di akses.
terutama yang datang dari arah pasar baru / lapangan banteng.

stasiun gambir

stasiun gambir (c) okezone

banyak orang terjebak, karena banyak yang mengambil jalur kekanan setelah keluar jalan pejambon, dengan harapan langsung masuk parkiran gambir. sialnya mereka salah, karena sudah tidak ada lagi pintu masuk gambir kalau mengambil jalur ke kanan.
mana pula jalur tersebut sudah ter’pagar’i oleh jalur bus dan busway.

pintu masuk gambir cuma ada dua, yaitu dari arah patung pak tani dan medan merdeka selatan. sementara kalau sudah terlanjur ngambil jalur ke kanan, mendingan muter balik ke arah lapangan banteng, dari pada muterin monas.

tapi, walaupun mengambil jalur ke kiri setelah keluar pejambon, tidak mudah untuk bisa sampai ke gambir.
harus memutar dulu di patung pak tani. atau ada sebuah u-turn ga jelas berada setelah lampu lalu-lintas, yang banyak orang pakai. sialnya u-turn tersebut mengganggu lancarnya jalan. dan sialnya lagi, ga ada rambu, atau apapun yang mencegah hal tersebut.

Where Am I?

You are currently browsing the jalan category at Jakarta's byte bite.