galian [ditambal, jadi] singset

banyak pekerjaan gali galian di jalanan jakarta, entah itu gali kabel pln, gali pipa pam, dan yang paling sering akhir akhir ini adalah galian fiber optik.

berbagai teknik dilakukan untuk acara gali galian tersebut. ada yang ngegali sepanjang jalan, ada juga yang ngegali pertitik, tapi banyak.
namun ketika selesai ngegali, dan diuruk lagi, gak langsung dirapihin. kadang lobang itu terbengkalai beberapa minggu dengan hanya diurug dengan tanah liat atau tanah sisa galian.

setelah berapa minggu, barulah di aspal.
sekilas ga ada yang salah dengan penembelan aspal tersebut, selain agak menonjol dari bidang aspal yang bukan galian.
tapi tunggu beberapa minggu, aspal tambalan tersebut akan sedikit (mungkin juga bisa agak banyak) ambles.

setelah ngobrol dengan mujianto yang iseng gue tanyain kenapa aspal yang menjadi tambalan lobang itu ambles, gue mendapat kesimpulan.

  • kontraktor nya mau cepet aja, sehingga tanah untuk menimbun hanya dilakukan perataan sekali aja.
    menurut mujianto, seharusnya tiap beberapa sentimeter dilakukan perataan, jadi gak sekali gus bruk, dimasukin, trus diratain.
    harusnya, (misal) tiap 30 centimeter tanah dimasukkin ke lobang, terus di ratain, setelah itu masukkin lagi tanah 30 cm, diratain lagi, sampe lobang penuh.
    ngeratainnya harus bertahap
  • kontraktornya dibayar (tendernya) murah. sehingga kerja asal asalan
  • dari Departemen PU nya emang ga ada instruksi untuk kerja yang bener.

kolong semanggi

untuk pengguna kendaraan roda dua dan bus dilarang untuk melewati kolong semanggi yang menuju blok m dan sebaliknya — untuk bus ada jam yang boleh, malam hari dan subuh. jadi kendaraan roda dua dan bus tersebut harus melewati kolong semanggi yang sebelah pinggir, yaitu mengambil jalur lambat dan agak belok ke kiri [menuju gatot subroto] dan gak berapa jauh ada belokan kekanan.

bisa dipastikan nyaris dua kali seminggu gue akan selalu melewati kolong semanggi pinggir tersebut, dari arah thamrin menuju senayan, untuk ke tempat client.
ujung kolong semanggi pinggir ini banyak lobang yang bisa bikin motor berajrut ajrutan. sehingga harus agak perlahan setelah masuk ke kolong itu.

3 mingguan sebelum pergantian tahun dari tahun 2007 ke 2008, agak mengejutkan, ternyata lobang lobang di pintu masuk kolong tersebut sudah ditambal dan dilapis aspal ulang, bahkan sampai beberapa meter ke depan. wah, kemajuan nih, ada yang merhatiin kolong ga jelas ini.

berhubung banyak hal yang harus ditangani di kantor, barulah seminggu setelah awal tahun 2008 gue ketempat client lagi. dan dengan pede nya gue agak kenceng ketika setelah melewati pintu kolong semanggi tersebut. dan kaget sekali gue dan dengan sangat cepat mengurangi kecepatan motor gue, karena yang tadinya teraspal rapi sekarang berubah jadi arena off-road bergelombang berbukit. banyak aspal yang melendung disana sini.

gila! PU ini ternyata ngaspal jalan pake tepung terigu kaya’nya! kalo pake aspal yang bener harusnya gak dalam waktu 4 minggu udah berubah bentuknya tu aspal.

addtitional: tanggal 27 desember 2007, jalanan di tanah abang blok A diaspal ulang demi kedatangan ibu negara. dan kemarin 7 januari 2008, jalanan tersebut sudah mulai berlobang kembali!