jalanan tembel sulam ala loro jongrang

beberapa lalu ada berita mengenai Kadis PU yang diancam ahok, kalo kerjanya ga beres maka desember (2013) dia bakal dimutasi.

nah, beberapa hari belakangan ini gue merasa takjub akan banyaknya jalanan yang baru dapat tembelan aspal. wuih, jangan-jangan ini gara-gara ancaman ahok ke kadis PU itu.

hmm.. kalo kerja karena terancam, gue rasa hasil kerjaannya ya temporer, ga permanen, yang penting kelihatan hasil.

gue saranin sih supaya ahok ambil tindakan tegas, ga perlu ngancem-ngancem.
ya contohnya kaya’ gini. kaya’ kesetanan, banyak ruas jalan yang tadinya berbulan-bulan bolong ga jelas, sekarang dapat tembelan aspal. kerja sesaat. gak menyeluruh.
cuma ditembel, gak diperbaiki. liat aja nanti beberapa bulan lagi, pasti ancur deh tuh tembelan.

lagian, kalau ada bos yang nyalahin anak buahnya yang kerjanya ga beres, itu sih bos yang pinter menjebloskan anak buahnya. yang namanya kerjaan anak buah, ya tanggung jawab si bos dong. kenapa kerjaan anak buahnya jelek, atau bahkan sama sekali ga (di)kerja(in).

kolong semanggi

untuk pengguna kendaraan roda dua dan bus dilarang untuk melewati kolong semanggi yang menuju blok m dan sebaliknya — untuk bus ada jam yang boleh, malam hari dan subuh. jadi kendaraan roda dua dan bus tersebut harus melewati kolong semanggi yang sebelah pinggir, yaitu mengambil jalur lambat dan agak belok ke kiri [menuju gatot subroto] dan gak berapa jauh ada belokan kekanan.

bisa dipastikan nyaris dua kali seminggu gue akan selalu melewati kolong semanggi pinggir tersebut, dari arah thamrin menuju senayan, untuk ke tempat client.
ujung kolong semanggi pinggir ini banyak lobang yang bisa bikin motor berajrut ajrutan. sehingga harus agak perlahan setelah masuk ke kolong itu.

3 mingguan sebelum pergantian tahun dari tahun 2007 ke 2008, agak mengejutkan, ternyata lobang lobang di pintu masuk kolong tersebut sudah ditambal dan dilapis aspal ulang, bahkan sampai beberapa meter ke depan. wah, kemajuan nih, ada yang merhatiin kolong ga jelas ini.

berhubung banyak hal yang harus ditangani di kantor, barulah seminggu setelah awal tahun 2008 gue ketempat client lagi. dan dengan pede nya gue agak kenceng ketika setelah melewati pintu kolong semanggi tersebut. dan kaget sekali gue dan dengan sangat cepat mengurangi kecepatan motor gue, karena yang tadinya teraspal rapi sekarang berubah jadi arena off-road bergelombang berbukit. banyak aspal yang melendung disana sini.

gila! PU ini ternyata ngaspal jalan pake tepung terigu kaya’nya! kalo pake aspal yang bener harusnya gak dalam waktu 4 minggu udah berubah bentuknya tu aspal.

addtitional: tanggal 27 desember 2007, jalanan di tanah abang blok A diaspal ulang demi kedatangan ibu negara. dan kemarin 7 januari 2008, jalanan tersebut sudah mulai berlobang kembali!